Sekilas mengenai aplikasi CANTAS

Sekilas mengenai aplikasi CANTAS

Cantas adalah aplikasi yang menggunakan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS). Dengan teknologi ini, pengguna jalan tol dapat membayar hanya melalui gawai.

Aplikasi Cantas diluncurkan pada Desember 2022. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membayar toll tanpa harus berhenti di toll gate. Aplikasi ini menggunakan teknologi Machine Learning Fast Forward (MLFF) untuk memprediksi tarif tol dan membayarnya secara otomatis saat Anda melewati gate. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat terhindar dari kemacetan di gate tol dan mempercepat perjalanan Anda. Aplikasi Cantas sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering melewati jalan tol dan ingin menghemat waktu dan usaha.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa aplikasi Cantas, yang menggunakan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF), akan diluncurkan pada Desember 2022. Aplikasi ini memungkinkan pengguna jalan tol untuk membayar tanpa harus berhenti di toll gate. Sebelum diluncurkan, aplikasi Cantas akan diuji coba terlebih dahulu. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, mengatakan bahwa aplikasi ini akan bekerja sama dengan berbagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), termasuk e-wallet, sehingga masyarakat dapat dengan mudah menggunakannya.

Bank Indonesia (BI) telah meminta agar e-wallet tidak eksklusif, sehingga semua sumber dana dapat digunakan, termasuk kartu kredit dan rekening langsung. Uji coba Cantas akan dilakukan di beberapa ruas jalan tol, dimulai dengan satu jalur yang kemudian akan dioperasikan secara komersial.

Cantas adalah aplikasi yang menggunakan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS). Dengan teknologi ini, pengguna jalan tol dapat membayar hanya melalui gawai. Pengguna yang telah mengunduh aplikasi Cantas dapat mendaftarkan kendaraannya ke aplikasi. Data tersebut akan terhubung dengan pelat nomor kendaraan, dan satelit akan mengenali ponsel pengguna. Setelah itu, GPS akan menentukan lokasi yang ditentukan oleh satelit dan proses tap-matching akan berjalan di sistem pusat. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.