Tujuan ngeblog

Tahun berapa kamu mulai nge-blog?

Saya mulai tahun 2007, tepatnya setelah pesta blogger 2007 berlangsung. Tujuan awalnya adalah memperkenalkan/ berbagi pengetahuan mengenai produk perangkat lunak yang saya jual. Ngeblog ini masih berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari sebagai seorang sales.

Sudah berjalan hampir lima tahun sampai saat ini, Google Pagerank merangkak naik dari 0 dan mentok ke angka 3.

Asyik nge-blog

Tapi itu sayangnya blog pertama saya itu, berada di wordpress.com. Di sana ada peraturan,  blog tidak boleh di monetized! Kalau ketahuan, blog akan di hapus.

Sayang sekali, padahal traffic per hari antara 100 – 200 orang…. lumayan banyak menurut saya, mengingat blog ini sangat “niche” sekali….

Bebeberapa tahun belakangan mulai berpikir untuk menjadi blogger “matrex”, alias, cari penghasilan lewat blog.

Tapi, dari pengalaman pribadi, ketika saya mulai blogging hanya untuk tujuan mencari uang, saya menjadi stres. Saya mencoba untuk memastikan bahwa semua posting saya harus sempurna, dan saya menghabiskan terlalu banyak waktu mencoba untuk melakukan terlalu banyak.

Saya merasa perlu untuk bergabung setiap jaringan sosial sehingga saya dapat mengarahkan lalu lintas ke situs saya (karena semakin traffic mengalr, makin tinggi potensi keuntungan yang akan di dapat.

Blogging untuk mencari uang juga membuat saya fokus hanya pada bagaimana cara membuat profit.
Konten yang saya tulis di blog menjadi abal-abal, copas dari sana-sini.

Benar, kadang-kadang terjadi penjualan, tapi tidak stabil. Model hit and run kayak seperti ini tidak berhasil.

Blogging untuk bersenang-senang

Ya sudah, saya akan coba memulai blogging dari awal, di mulai dari blog http://www.planetbiz.org ini.

Saya mencoba meniru “kesuksesan” blog saya yang terdahulu, blog for fun. Konten nya saya isi selagi ada waktu… tidak stress… nggak peduli SEO, peduli setan dengan Backlink, santai lah pokoke.

Blog pertama saya itu banyak menghasilkan penjualan, mendapatkan relasi dan saya di percaya sebagai expert-nya di bidang itu.
Padahal sih, secara teknis saya nggak jago-jago banget… hanya saja nggak banyak yang menulis tentang bidang tekns yang saya kuasai, seolah-olah saya seperti seorang “guru”

Do it for fun, money will follow

Lakukan apa yang kamu senangi, lakukan dengan cinta, duit akan datang dengan sendirinya.

Pret!

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.