Tips untuk menghilangkan hasil pencarian dari situs marketplace dan situs tribun

Tips untuk menghilangkan hasil pencarian dari situs marketplace dan situs tribun

Sebagian besar dari kita pasti sering melakukan pencarian di internet untuk mencari produk atau informasi yang dibutuhkan. Ketika melakukan pencarian di google, tentunya kita ingin hasil yang diperoleh sesuai dengan yang kita cari. Namun terkadang hasil pencarian yang ditampilkan oleh google tidak sesuai dengan yang kita harapkan, bahkan seringkali hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs-situs besar marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lain sebagainya.

Padahal kita mungkin tidak ingin menemukan situs-situs tersebut di hasil pencarian kita, terutama jika kita hanya mencari informasi tertentu yang tidak terkait dengan produk atau jasa yang dijual di situs-situs tersebut. Bagaimana cara menghilangkan situs-situs tersebut dari hasil pencarian kita?

Ternyata, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan parameter “-tokopedia”, “-lazada”, “-shopee”, dan seterusnya (tanpa tanda kutip) pada akhir kata kunci pencarian Anda di google. Misalnya, jika Anda ingin mencari informasi tentang kucing tanpa menemukan hasil dari Tokopedia, maka Anda bisa mencari “kucing -tokopedia”.

Dengan menambahkan parameter tersebut, google akan menghilangkan situs-situs tersebut dari hasil pencarian Anda, sehingga Anda hanya akan menemukan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda cari. Tentunya, Anda juga bisa menambahkan parameter lain sesuai dengan situs-situs yang ingin Anda hilangkan dari hasil pencarian.

Namun perlu diingat, cara ini tidak akan menghilangkan semua hasil dari situs-situs tersebut dari hasil pencarian Anda. Jika Anda ingin menghilangkan semua hasil dari situs-situs tersebut, maka Anda perlu menambahkan parameter tersebut setiap kali melakukan pencarian.

Demikian artikel singkat mengenai cara menghilangkan situs-situs besar marketplace dari hasil pencarian di google. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih fokus pada hasil pencarian yang sesuai dengan apa yang Anda cari.

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.